Peserta Didik MTsN 9 Bantul Belajar Kesetaraan dari Film "Wonder"

1 Oktober 2024 superadmin 315

Peserta Didik MTsN 9 Bantul Belajar Kesetaraan dari Film "Wonder"

Masemba Tercinta---Peserta didik kelas VIII MTs Negeri 9 Bantul menyaksikan film "Wonder" yang disutradarai oleh Stephen Chbosky pada 2017 yang lalu. Kegiatan ini berlangsung di kelas masing-masing pada Senin (30/09/2024). Selama kurang lebih 1 jam 45 menit, peserta didik diajak memahami arti kesetaraan.

 

Film Amerika tersebut menceritakan kisah seorang siswa yang dilahirkan dengan kelainan bentuk wajah medis langka yang ia sebut sebagai "disostosis mandibulofasial" dan telah menjalani 27 operasi berbeda agar bisa melihat, mencium, berbicara dan mendengar. Film ini fokus pada penceritaan tokoh utama bernama August "Auggie" Pullman yang berusaha menyesuaikan diri di pendidikan formal.

 

Dengan berbagai perundungan dari teman-temannya, serta dukungan keluarga yang sama kuatnya, Auggie mengalami masa-masa kelam sekaligus terindahnya. Hingga akhirnnya, Auggie berhasil merangkul semua orang untuk menerima dan bangga kepadanya. Bahkan, kepala sekolahnya pun memberi penghargaan kepada Auggie.

Melalui film ini, peserta didik MTsN 9 Bantul diajak melihat dampak nyata dari perilaku perundungan (bullying) dan beberapa cara untuk mengatasinya.

 

Mu'ad Irmawan, Koordinator P5 Kelas VIII, mengatakan bahwa kegiatan P5 kali ini bertujuan untuk membentuk karakter siswa yang bisa saling menghargai dan tidak berperan sebagai pelaku bully. (and)